Blog List

Thursday 8 June 2017

5 Eksperimen Kimia Paling Menakjubkan

Sudah berapa lama kalian belajar kimia? Oke, cukup lama, dan selama itu, sudah berapa banyak reaksi kimia yang pernah kalian lihat? Berbagai reaksi kimia mungkin sudah pernah kamu lihat dalam kehidupan sehari-hari, seperti pembakaran propana (pembakaran gas LPG), Hidrogenisasi Amilum (memasak nasi) dan berbagai reaksi yang sering terjadi di rumahmu.

Asal kalian tahu, reaksi kimia itu nggak membosankan seperti itu saja, tetapi lebih dari itu, ada banyak sekali reaksi kimia yang bahkan belum pernah kamu bayangkan sebelumnya. Ada reaksi pembakaran yang justeru membentuk suatu materi (padatan) ada reaksi cairan yang langsung membentuk ledakan dan padatan sekaligus.

Apa saja dan bagaimanakah reaksi-reaksi kimia yang menakjubkan itu? yuk lihat di bawah ini:  

1. Melelehkan Logam dengan Magnet



Percobaan ini menggunakan kumparan tembaga yang dialiri arus listrik AC, Arus listrik ini menyebabkan kumparan bersifat seperti elektromaget yang sangat kuat. Logam yang diletakkan ditengah kumparan ini menyebabkan aliran listrik di kumparan terhambat, aliran listrik yang terhambat ini berubah menjadi panas, tetapi panasnya hanya terfokus pada logam di bagian tengah saja, sehingga logam berubah menjadi warna putih dan meleleh. 

2.Pemanasan Merkuri TioSianat

Reaksi kimia paling unik 2
Reaksi kimia unik 2
Reaksi ini merupakan reaksi yang terjadi ketika garam anorganik Merkuri Tiosianat dibakar. Garam ini bersifat stabil pada temperatur ruang berwarna putih atau abu-abu. Ketika dibakar, garam ini menghasilkan reaksi yang unik (atau menakutkan?) yang dahulu sering disebut sebagai Paraoh's Serpent.  Reaksi ini sangat menarik perhatian sehingga sering digunakan untuk pamera sains, tetapi penggunaannya harus ekstra hati-hati karena reaksi ini menghasilkan gas beracun. 

3. Hidrogen Peroksida yang Dikatalisis Kalium Iodida.

Reaksi kimia paling unik 3
Reaksi kimia unik 3
Reaksi ini merupakan reaksi dekomposisi dari Hidrogen Peroksida yang sangat cepat karena dikatalisis oleh Kalium Iodida. Eksperimen ini sering dilakukan dalam pameran sains karena hanya memerlukan sedikit bahan baku, dan menghasilkan reaksi seperti erupsi gunung berapi yang dahsyat. 

4. Polimerisasi p-Nitro Anilin Secara Spontan

Reaksi kimia paling unik 2
Reaksi kimia paling unik 4
Polimerisasi dari p Nitro Anilin Secara Spontan akan menghasilkan reaksi kimia berupa ledakan (explosive) yang dibarengi dengan terbentuknya polimer. Reaksi ini sangat unik kan?

5. Reaksi Natrium Polyakrilat dengan Air

Reaksi Kimia paling unik
Reaksi kimia unik 5
Natrium polyakrilate memiliki sifat seperti spons yang dapat menyerap air. Ketika Natrium poliakrilate direaksikan dengan air akan menghasilkan padatan gel. 

Senyawa Natrium Poliakrilate ini bersifat Higroskopis yaitu mampu menyerap air. Karena sifatnya ini, Natrium Polikrilate digunakan sebagai popok bayi. 

Bagaimana? Asik kan praktikum dan percobaan kimia? Bayangkan aja kalau kalian bisa melakukan semuanya di Laboraturium kimia, pasti menyenangkan. Reputasi pelajaran kimia yang horor itu bakalan berubah menjadi pelajaran yang menyenangkan dan membuat penasaran. Karena masih banyak sekali praktikum kimia yang menakjubkan di luar sana.

For further information log on website :
https://www.mystupidtheory.com/2015/04/5-eksperimen-kimia-paling-menakjubkan.html

No comments:

Post a Comment

Advantages and Disadvantages of Fasting for Runners

Author BY   ANDREA CESPEDES  Food is fuel, especially for serious runners who need a lot of energy. It may seem counterintuiti...