Blog List

Thursday 8 June 2017

Rumus Kimia Protein dan Fungsinya Dalam Tubuh Organisme

Ilmu kimia ialah bidang ilmu yang sangat luas penggunaanya, tak hanya tentang reaksi yang terjadi di laboraturium tetapi juga reaksi dalam tubuh. Salah satu senyawa kimia yang paling penting dalam tubuh makhluk hidup ialah Protein. Apa itu protein? Apa fungsinya? dan mengapa protein begitu penting? Baiklah mari kita bahas bersama di bawah ini:


Pengertian Protein

Protein adalah biomolekul yang berupa rantai panjang senyawa asam amino yang sangat esensial dalam menunjang kehidupan organisme. Protein juga merupakan senyawa yang berperan aktif dalam pembentukan DNA, sehingga sangat penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup. Oleh karena perannya yang sangat penting dalam kehidupan, maka pemahaman tentang protein ini sangat penting dalam ilmu medis dan biologi.

Rumus Kimia Protein

Rumus Kimia protein adalah kumpulan asam amino seperti polipeptida namun memiliki rantai yang jauh lebih panjang. Protein mengandung setidaknya satu polipeptida panjang kemudian banyak rantai-rantai cabang. Sedangkan polipeptida rantai pendek (dengan rantai= 20-30) biasanya tidak digolongkan sebagai protein dan seringkali disebut sebagai polipeptida saja.

Protein terbentuk dari ikatan peptida yang proses reaksinya ialah sebagai berikut:
Kiri: dua molekul Asam amino; Kanan: terbentuknya polipeptida;
By V8rik at en.wikipedia - Own work, Public Domain, https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=7890768
Reaksi ini berlangsung untuk banyak asam amino, sehingga rantai yang terbentuk ialah polipeptida panjang yang disebut protein. Struktur protein ialah seperti ini:

Struktur dari Triose Phospate Isomerase menggunakan tiga model visualisasi berbeda
By Opabinia regalis - Self created from PDB entry 1TIM using the freely available visualization and analysis package VMD, CC BY-SA 3.0, https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=1068554

Fungsi Protein

Berikut ini beberapa fungsi protein dalam tubuh makhluk hidup:
  1. Berkontribusi sebagai pembentuk struktur makluk hidup, khususnya hewan termasuk manusia. contoh: aktin pada tubuh manusia dan hewan
  2. Memberikan elastisitas pada otot untuk dapat bergerak. contoh: Myosin pada hewan dan manusia.
  3. Mengontrol jenis dan kecepatan reaksi kimia dalam tubuh. contoh: semua jenis enzim)
  4. Sangat penting dalam sistem imun manusia dan hewan. contoh: immunoglobulin pada manusia.
  5. Berfungsi sebagai pembawa dan penyimpan senyawa dan ion dalam tubuh organisme. contoh Protein Ferritin.
Itulah rumus kimia protein dan fungsinya dalam tubuh manusia. Ilmu kimia merupakan dasar untuk memperlajari protein dan biologi molekular. Oleh karena itu pemahaman mengenai materi ini sangat kamu perlukan. 

Sumber:
http://www.rsc.org/Education/Teachers/Resources/cfb/proteins.htm
https://ghr.nlm.nih.gov/primer/howgeneswork/protein

For further information log on website :
https://www.mystupidtheory.com/2017/02/rumus-kimia-protein-dan-fungsinya-dalam.html

No comments:

Post a Comment

Advantages and Disadvantages of Fasting for Runners

Author BY   ANDREA CESPEDES  Food is fuel, especially for serious runners who need a lot of energy. It may seem counterintuiti...