Blog List

Thursday 8 June 2017

Rumus Kimia Urea dan Penggunaanya

Pada tahun 1828 Friedrich Wohler kimiawan berkebangsaan Jerman secara tidak sengaja menemukan metode sintetis urea tanpa melibatkan ginjal ataupun makhluk hidup. Temuan ini membawa urea menjadi salah satu senyawa organik paling populer sebagai pupuk penyubur tanaman. Bagaimanakah rumus kimia dari Urea? Apa saja Penggunaanya? Mari kita diskusikan bersama.
rumus kimia urea

Rumus Kimia Senyawa Urea

Seperti banyak unsur kimia lainnya, Urea merupakan senyawa yang terdiri dari atom karbon, hidrogen, oksigen dan nitrogen. Rumus kimia urea adalah CH4N2O atau sering juga ditulis NH2CONH2.

Nama komersinya ialah urea, namun beberapa nama lain yang sering digunakan ialah Karbamida, Karbonil Diamida dan isourea.

Struktur senyawa Urea

Penggunaan Urea

Mungkin sebagian besar kalian sudah tahu fungsi dari urea, tetapi ada beberapa fungsi lain dari urea selain untuk pertanian. Apakah fungsi dari urea?

Urea Sebagai Pupuk

Urea merupakan senyawa kimia yang paling banyak digunakan sebagai pupuk, itulah sebabnya menjadi senyawa organik paling banyak diproduksi di dunia. Kandungan Nitrogen yang mencapai 46% dari massa, dengan bentuk butiran yang siap pakai membua urea menjadi pupuk paling populer yang dapat digunakan oleh petani dengan mudah dan efektif.

Urea Dalam Mesin Disel

Urea digunakan untuk menurunkan kadar polusi udara dari mesin disel mobil, truk dan bus. Mesin disel truk dan bus ketika mencapa temperatur yang sangat tinggi akan menghasilkan gas Nitrogen dan Oksigen, kedua gas ini dapat bereaksi dan membentuk polusi gas NO2. Cara mudah mengatasinya adalah dengan mereaksikan gas ini dengan amonia sehingga terbentuk Nitrogen. Namun mereaksikan amonia pada temperatur tinggi juga tidak mungkin karena akan beracun. Untuk itulah digunakan Urea yang dilarutkan dalam air yang diinjeksikan pada gas panas yang keluar dari mesin. Hasil reaksinya ialah terbentuknya NH3 dan CO2.

Bahan Makanan Untuk Penggemukan Hewan

Pada industri peternakan besar, penggunaan urea sebagai asupan tambahan makanan untuk ternak merupakan praktek yang umum. Senyawa urea dengan kandungan nitrogen yang sangat tinggi akan mendukung pertumbuhan ternak secara signifikan. Sekitar 4% dari produksi urea digunakan dalam bidang peternakan.

Industri Resin dan Plastik

Reaksi antara urea dengan formaldehid sering kali digunakan industri-industri resin dan plastik. Ikatan nitrogen yang terbentuk memiliki sifat perekat yang sangat kuat. Sifat ini sangat diperlukan dalam industri resin, lem, dan plastik.

Ternyata selain penggunaannya sebagai pupuk, urea memiliki banyak peran dalam industri kimia, inilah yang menyebabkan senyawa urea menjadi bahan organik yang paling banyak diproduksi di dunia. Demikian informasi mengenai rumus kimia urea dan penggunaanya.
Baca juga informasi mengenai : Rumus Kimia Etanol dan Penggunaanya

Sumber:


  1. http://humantouchofchemistry.com/urea-and-the-beginnings-of-organic-chemistry.htm
  2. Hopkins Frederick Gowland, CLXIX. THE CENTENARY OF WOHLER'S SYNTHESIS OF UREA (I828-I928). 1928. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1252269/pdf/biochemj01135-0011.pdf
  3. https://pubchem.ncbi.nlm.nih.gov/compound/urea#section=Top
  4. http://www.inchem.org/documents/sids/sids/57136.pdf


Gambar: 


  1. http://cimg2.ibsrv.net/cimg/www.doityourself.com/600x400_100/734/Dangerous-Fertilizer-Chemicals-to-be-Aware-of-4734.jpg

For further information log on website :
https://www.mystupidtheory.com/2016/09/rumus-kimia-urea-dan-penggunaanya.html

No comments:

Post a Comment

Advantages and Disadvantages of Fasting for Runners

Author BY   ANDREA CESPEDES  Food is fuel, especially for serious runners who need a lot of energy. It may seem counterintuiti...