Blog List

Friday 20 January 2017

ANALISIS PERHITUNGAN VARIABLE COSTING PADA UKIRAN SETIA KARYA NANDA BALIKPAPAN

Author

Marwanto, S.E., M.Si., Ak
(Staf Pengajar Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Samarinda)

Anton Nur Cahyo, S.E., M.M.
(Dosen Tamu Jurusan Pariwisata)

Abstract

Marwanto is an accounting lecturer in Samarinda State Polytechnic and Anton Nur Cahyo is guest lecturer compiling the research entitled “The analysis of Order cost calculation at Ukiran Setia Karya Nanda Balikpapan”. The purpose of this writing is to identify; Raw Material Cost, Labor Cost and Factory Overhead Cost for once product at Ukiran Setia Karya Nanda Balikpapan in the year 2010. Methods used in this writing are observation, interview, library research and data analysis. This writing applied the analysis instrument calculating of variable costing. The result of this writing indicated that the owner of Ukiran Setia Karya Nanda could identify more information about product cost for each time product ordered by customers and decided the profit intended. The results in this final project are : (1) In 60 cm x 110 cm table product ordered, the job order cost is Rp 1.566.230,00 per unit and (2) In 80 cm x 75 cm mirror frame product ordered, the job order cost is Rp 700.621,00 per unit.

Key Words: Calculating; Job Order Cost, Raw Material, Factory Overhead, Direct Labor, Product

page1image6260
PENDAHULUAN

Seluruh kebudayaan daerah yang berasal dari beraneka ragam suku-suku di Indonesia merupakan bagian integral daripada kebudayaan Indonesia. Kebudayaan Indonesia walau beraneka ragam, namun pada dasarnya terbentuk dan dipengaruhi oleh kebudayaan besar lainnya seperti kebudayaan Tionghoa, kebudayaan India dan kebudayaan Arab.Kebudayaan daerah tercermin dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat di seluruh daerah di Indonesia. Setiap daerah memilki ciri khas kebudayaan yang berbeda. Kaltim terkenal dengan kayu ulinnya yang kuat, keras dan tahan lama sampai ratusan tahun. Apabila di pulau Jawa terkenal dengan jati dan ukirannya, di Kalimamtan juga terdapat ukiran khas Kalimantan yang diukir pada kayu ulin yang bisa dibuat menjadi meja,kursi,tameng,ranjang,daun pintu,sumpitan,gasing dan masih banyak lagi yang lainnya. Pada benda tersebut diukir dengan motif ukiran dayak, yang memiliki nilai jual puluhan juta bahkan ratusan juta.

Di Kaltim, seni ukir etnik Dayak cukup besar pangsa pasarnya. Karena itu terdapat beberapa usaha seni ukir, diantaranya yaitu CV Borneo Picaso Mandiri di Jalan Soekarno- HattaBalikpapan Utara, Seni Ukir Bahayati Jaya milik Bapak Bakri Udin di Samarinda Seberang, Usaha Dagang Kerajinan dan Souvenir milik Bapak Christian JohanJl. Pulau Samosir No. 19 Samarinda, Usaha Dagang Kerajinan dan Souvenir milik Ibu Aisyah di Samarinda Seberang, Usaha Dagang Kerajinan dan Souvenir milik Bapak Yoseph Siangyang beralamat di Jl. Mulawarman RT.03/No.07 Balikpapan.

Ukiran Setia Karya Nanda berproduksi atas dasar order atau pesanan khusus dan juga atas dasar proses untuk stok barangnya. Konsumen yang memesan barang dari bapak untung sudah pasti memiliki penawaran untuk harga yang harus ia bayar nantinya, banyak hal yang harus diperhitungkan bapak untung dalam menentukan harga dari produknya. Pada metode variable costing, harga pokok produk hanya diperhitungkan dari biaya-biaya variabel saja.Dalam penentuan harga jual Bapak Untung melihatnya dari ukuran yang diminta, karena Setia Karya Nanda hanya menggunakan bahan baku dari kayu ulin, kecuali jika konsumen menginginkan produk dari bahan kayu lain. Kesalahan dalam menerima pesanan akan mengakibatkan menumpuknya order, karena itu dalam pengambilan keputusan menerima atau menolak pesanan harus diperhitungkan dengan seksama.

Nanda tanpa perhitungan yang jelas mengenai biaya-biaya yang dikeluarkan, keputusan hanya berdasarkan perkiraan dari pemilik dan tawar-menawar antara Bapak Untung dan pelanggan. Seharusnya sebelum memutuskan untuk menerima atau menolak pesanan, Bapak Untung menghitung biaya-biaya yang nantinya digunakan dalam menyelesaikan pesanan. Apakah pesanan tersebut memberikan keuntungan atau tidak, dan bagaimana pengaruhnya terhadap biaya-biaya tetap usaha ini.

Diharapkan dengan adanya analisa variable costing akan membantu manajemen dalam memutuskan menerima atau menolak pesanan ukiran tersebut. Berdasarkan uraian-uraian di atas maka judul yang diambil peneliti dalam penelitian laporan ini yaitu ”Analisis perhitungan Harga Pokok Pesanan Khusus dengan Metode Variable Costing pada Ukiran Setia Karya Nanda Balikpapan”.

Berdasarkan latar belakang yang peneliti kemukakan, pokok masalah dari penelitian ini adalah “Bagaimanakah perhitungan harga pokok pesanan khusus dengan menggunakan metode variable costing pada Usaha Ukiran Setia Karya Nanda Balikpapan?”

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk membuktikan dan menghitung perhitungan harga pokok pesanan khusus dengan menggunakan metode variable costing pada Usaha Ukiran Setia Karya Nanda di Balikpapan.

METODOLOGI PENELITIAN Pengertian Biaya
“Biaya (Expense) adalah aliran keluar atau pemakaian lain aktiva atau timbulnya utang (atau kombinasi keduanya) selama suatu periode yang berasal dari penyerahan atau pembuatan barang, penyerahan jasa, atau dari kegiatan lain yang merupakan kegiatan utama badan usaha.” (Baridwan, 2004:29)
Pada pengambilan usaha Setia keputusan Karya dilakukan ..
page1image13856 page1image13940 
For further details log on website :
http://karyailmiah.polnes.ac.id/images/Download-PDF/Arsip%20Jurnal/EKSIS-VOL.07-NO.2-AGUSTUS-2011/NO-%20022%20-%20marwanto%20anton%20-%20ANALISIS%20PERHITUNGAN%20VARIABLE%20COSTING%20PADA%20UKIRAN%20SETIA%20KARYA%20NANDA%20BALIKPAPAN.pdf

No comments:

Post a Comment

Advantages and Disadvantages of Fasting for Runners

Author BY   ANDREA CESPEDES  Food is fuel, especially for serious runners who need a lot of energy. It may seem counterintuiti...